Antara Kades, Kepolo, Dan Lurah

Kegiatan pembangunan Dusun

Tremes (11/12/2018)- Ada satu keunikan yang berkembang di masyarakat Desa Tremes pada khusunya dan  masyarakat Kabupaten Wonogiri  pada umumnya, terkait dengan penyebutan jabatan Perangkat Desa.

Jika anda warga luar wilayah Wonogiri dan bicara terkait Kepala Desa dan Kepala Dusun pasti akan banyak mengalami kebingungan.

Kegiatan rakor Perangkat Desa

Sebagaimana halnya yang di alami Rinanto, salah satu warga Desa Tremes yang berasal dari Patimuan Cilacap di saat pertama kali datang di Desa Tremes pada tahun 2005 lalu.

Pemuda yang berjodoh dengan salah satu warga Dusun Tremes ini sempat kaget, heran dan bingung manakala menanyakan rumah dari Kepala Desa. Sebagaimana halnya warga pendatang pada umumnya pasti menanyakan tentang Kepala Desa dimana dia tinggal.

“ Saat itu saya tanyakan rumah Bapak Lurah,” ujar Aying sapaan akrabnya. “ Nggak taunya saya di antar ke rumah Kepala Dusun.”

Rinanto, salah satu warga Dusun Tremes dalam kerja bhakti dusun

Dalam kesehariannya, memang di daerah Wonogiri penyebutan lurah lebih diasumsikan kepada Kepala Dusun. Dan penyebutan ini berlaku juga untuk Kepala Desa, yang lebih terbiasa di sebut dengan “Kepolo”.

Bukan hanya Aying saja yang mengalami kebingungan dalam penyebutan ini, banyak orang-orang dari luar wilayah Wonogiri mengalami hal yang sama.

Ibarat pepatah lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya pula. Bisa jadi penyebutan ini juga berbeda manakala kita berada di wilayah lain.

Kasimo, Lurah Jatiwayang terlibat dalam kegiatan PPS Desa

Sebagai contoh di Ponorogo dan sekitarnya Kepala Dusun sering di sebut dengan kamituwo, atau kasun dan bayan untuk wilayah-wilayah yang lain. Perbedaan penyebutan inilah yang pada akhirnya akan menambah perbendaharaan kosakata yang akan kita miliki. Berikut sedikit penyebutan jabatan di wilayah Desa Tremes yang bisa digunakan menambah wacana :

  • Kepala Desa            :  Kepolo (polo)
  • Sekretaris Desa      : Carik
  • Kepala Dusun         :  Lurah
  • Kasi Kesra               :  Jogo Tirto
  • Petugas Keamanan :  Jogo Boyo

Mungkin tidak ada salahnya jika sekali lagi, admin mengingatkan istilah-istilah penyebutan yang bisa jadi pegangan buat orang-orang diluar wilayah Wonogiri agar tidak terjadi kebingunan.

Facebook Comments

1 Comment

  1. Itulah kearifan lokal pak, setiap desa atau dusun punya sejarah/riwayat sendiri2..ada juga wilayah yang menyebut kepala dusun dengan sebutan pak bayan..

Tinggalkan Balasan