Data Pos Kamling Desa Tremes

Pos Kamling di Dusun Jatiwayang

Mungkin setiap orang di Indonesia tahu tentang pos ronda, karena di setiap kampung di Indonesia terdapat pos ronda. Namun siapa yang tahu sejarah pos ronda, mungkin tidak semua orang tahu. Sejarah pos ronda berawal dari pos-pos penjaga di jaman kolonial. Ketika itu pos jaga berfungsi sebagai perpanjangan dari menara-menara dari kekuasaan kolonial untuk mengekang gerak pribumi. Fungsinya lebih mirip pos pengawasan terhadap pribumi yang melewati daerah tertentu. Hal serupa juga terjadi ketika Jepang berkuasa di Indonesia. Tapi sejak era kemerdekaan bekas pos-pos penjagaan Belanda atau Jepang diambil alih oleh pribumi. Pengambilalihan itu disertai dengan perubahan fungsi. Bila pada era sebelumnya penguasa kolonial yang mengawasi pribumi, maka sejak era kemerdekaan orang Belanda atau Jepang yang diawasi.

SISKAMLING ( Sistem Keamanan Lingkungan ) di kampung dilakukan dengan asas kebersamaan dan kegotong royongan. Berfungsi menjaga keamanan lingkungan dan kewaspadaan terhadap bahaya ( pencurian, kebakaran, bencana alam dan lain – lain ). Siskamling atau yang biasa disebut ronda sudah menjadi kebiasaan, bahkan terjadwal rutin. Ada 2 tipe Siskamling yang berkembang di pedesaan

  1. Sistem Sentral

Anggota peronda terdiri dari 1 RT atau 1 kampung. Pos Kamlingnya berada di rumah salah satu penduduk sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Setelah tengah malam, peronda berkeliling lingkungan sekitar.

  1. Pos Kamling

Anggota peronda terdiri dari 1 RT atau 1 kampung. Kegiatan sudah tidak lagi tersentral di rumah salah satu penduduk melainkan di Pos Kamling ( gardu ronda ). Sebuah pos ( gardu ) yang sengaja dibuat untuk tempat jaga. Dibangun di tempat – tempat strategis di sekitar kampung. Satu kampung bisa memiliki beberapa Pos Kamling.

Seiring dengan dinamikan yang terjadi akhir-akhir ini, tentang perlunya pengawasan lebih intensif di lingkungan Desa Tremes, adanya pos kamling ini mulai di fungsikan kembali, meskipun ada beberapa pos kamling yang secara fisik sudah tidak layak di pergunakan. Baik itu bangunannya sudah tua ataupun mengalami kerusakan di berbagai sudut.

Dari 7 dusun yang ada di Desa Tremes, tercatat dalam data desa sebanyak 26 pos kamling di masing-masing rukun tetangga. Berikut ini data pos kamling yang ada di Desa Tremes ;

No Nama Dusun Jumlah RT Jumlah Pos Kamling
1 TREMES 4 3
2 JATIWAYANG 4 3
3 NUNGGULAN 4 4
4 SEMANDING 4 4
5 KEROK 2 2
6 MOJOREJO 3 3
7 SUDIMORO 5 5
JUMLAH 26 24
               Pos Kamling Kerok RT 01
Pos Kamling Kerok RT 02

 

Dari ke-24 pos kamling tersebut, tidak semuanya tiap malam dipergunakan warga untuk melakukan ronda keliling. Ada beberapa pos kamling yang kondisinya sudah tidak memungkinkan dipergunakan untuk aktivitas malam, sebagai contoh pos kamling yang ada di Kerok RT 01 dan RT 02, meskipun berbentuk permanen akan tetapi keadaannya sudah membutuhkan perbaikan, sedangkan pos kamling yang ada di RT 02 masih belum permanen. Sementara untuk pos-pos kamling yang ada di Dusun lain kebanyakan masih dalam kondisi layak.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan