Dengan Kerja Cepat Dan Tepat, Pemerintah Desa Tremes Siap Optimalkan Program SDGs 2021

Tremes : SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Dalam bahasa kerennya Sustainable Development Goals disingkat SDGs. SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

Pemerintah Desa Tremes dalam rangka menyukseskan program SDGs ini, berupaya secara terus menerus meningkatkan system kinerja tim relawan pendataan baik ditingkat dusun maupun desa, dengan melakukan pertemuan secara berkala.

Seperti hal nya dalam kegiatan hari ini, Sabtu (10/04/2021), bertempat di Kantor Desa Tremes, pertemuan yang juga mengundang Pendamping Desa tingkat kecamatan ini, dihadiri oleh Perangkat Desa Tremes dan tim relawan tingkat dusun yang berjumlah 19 orang dari 7 Dusun yang ada di Desa Tremes.

“ Agenda yang diadakan pada hari libur ini memang sengaja kami selenggarakan demi percepatan dan ketepatan tim relawan pendataan untuk menyukseskan program SDGs itu sendiri, “ kata Parman, S.E , dalam sambutan membuka acara tersebut.

“ Dengan pertemuaan yang bersifat koordinasi ini, Pemerintah Desa berharap segala permasalahan yang timbul dalam proses kegiataan nantinya dapat diantisipasi sedari awal, baik oleh Tim Desa maupun relawan dari dusun-dusun,” lanjut beliau.

Tim Relawan Pendataan menyimak penjelasan dari Pendamping Desa

Hadir juga dalam kegiatan tersebut  Dwi Putranto dan Winda Novitasari, tim Pendamping Desa tingkat Kecamatan Sidoharjo untuk berdiskusi dengan tim relawan.

“ Kendala yang paling banyak muncul biasanya kesalahan saat input data, untuk itu kami (Pendamping Desa) berharap agar tim relawan benar-benar mem-valid-kan datanya terlebih dahulu sebelum diinput, “ ujar Dwi Putranto.

“ Ditambah dengan aplikasi SDGs yang masih dalam tahap penyempurnaan, terutama di fasilitas menghapus yang belum tersedia, membuat kita harus lebih berhati-hati dalam proses input data,” tambahnya.

Kegiatan kemudian dilanjut dengan pelatihan untuk input data yang langsung didampingi oleh Pendamping Desa, sekaligus melatih proses input data oleh tim relawan dari Dusun yang hadir semenjak pukul 09.00 WIB.

“ Mengingat bahwa batas akhir untuk kegiatan ini disepakati pada tanggal 10 Mei 2021, kami berharap tim relawan pendataan benar-benar memanfaatkan waktu yang tersedia untuk menyelesaikan tugasnya,” pungkas Kepala Desa Tremes.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan