Drs. Sudaryanto M.Si : Operator Website Desa Jangan Kaget Kalau Masuk Youtube

Joko Mulyono, S.STP, M.Si dan Agus Widyanto dari Suara Merdeka

Semarang (15/08/2018)- Operator website desa dari 29 Kabupaten di Jawa Tengah kembali mendapatkan pelatihan jurnalistik desa yang mengambil lokasi di Hotel neo Candi Semarang.

Dispermasdesdukcapil Propinsi Jawa Tengah sebagai dinas yang membidangi kegiatan ini mengundang 4 operator website desa dari masing-masing kabupaten yang di tunjuk sebagai desa pilot project, untuk memperdalam ilmu penulisan berita yang berbasis pada informasi desa.

Kaidispermasdesdukcapil Propinsi Jawa Tengah memberikan sambutan

Kadispermasdukcapil Propinsi Jawa Tengah Drs Sudaryanto, M.Si dalam sambutannya berharap banyak kepada operator website desa untuk dapat menjadikan Jawa Tengah sebagai Propinsi terdepan dalam hal inovasi yang terkait sistem informasi desa.

“ Kegiatan ini baru pertama kali dan satu-satunya yang di selenggarakan, jadi jangan kaget kalau kalian (operator website) nanti muncul dalam pemberitaan website- website ataupun di youtube “ ujar beliau yang juga menjabat sebagai Pj Bupati Temanggung ini dalam sambutannya.

Kadispermasdesdukcapil menyampaikan juga bahwa dalam penulisan berita nanti harus ada penambahan nilai dari berita tersebut tanpa meninggalkan aspek aktualitas berita,kelayakan berita, kebutuhan publik, ada cek dan ricek terhadap persoalan sehingga tidak ada lagi berita-berita hoax.

“ Harapanya website desa menjadi kegiatan pers yang bertanggungjawab, jangan sampai nanti di somasi “ tambah pejabat Pembina Utama Muda golongan IV/c ini.

Pada pelatihan ini pula diharapkan para operator website desa dapat membuat satu kreasi dalam penulisan berita, semisal jurnalistik sastra, jurnalistik fitur-fitur ataupun jurnalistik investigasi yang dipermanis dengan tampilan foto-foto terkait berita tersebut.

Suasana pembukaan pelatihan jurnalistik desa

Melalui pelatihan ini pula operator website desa dituntut untuk dapat lebih memperkenalkan desanya melalui penulisan profil desa, sehingga pembaca yang belum mengenal banyak tentang desa menjadi lebih tahu sebagaimana orang desa itu sendiri mengenali desanya.

Website desa dalam perkembangan kedepan di harapkan pula dapat menjai jembatan penghubung antara pelaku usaha di desa dengan konsumen potensial baik dari desa itu sendiri ataupun dari luar desa, dalam hal ini lebih berperan menjadi media e-commerce untuk menunjang perekonomian di desa menjadi lebih kuat lagi.

Joko Mulyono, S.STP, M.Si dan Agus Widyanto dari Suara Merdeka

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini menjadi pelatihan yang cukup menarik karena Joko Mulyono, S.STP,M.Si, Kabid Administrasi Pemerintahan Desa Dispermasdesdukcapil Propinsi Jawa Tengah yang juga sebagai  Ketua Panitia kegatan pelatihan  menghadirkan narasumber Ir. Sunaryo, MURP, Ph.D, staff khusus Gubernur Jawa Tengah dan  Agus Widyanto wartawan senior dari Suara Merdeka.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan