E-Warong Desa Tremes Distribusikan BPNT Bagi Warga Penerima

Senyum bahagia penerima BPNT

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli pangan di e-Warong KUBE PKH / pedagang bahan pangan yang bekerjasama dengan Bank BNI. Bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada KPM secara tepat sasaran dan tepat waktu.

Antrian warga penerima BPNT

Tujuan Program BPNT adalah sebagai berikut:

  1. Mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan
  2. Memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada KPM
  3. Meningkatkan ketepatan sasaran dan waktu penerimaan Bantuan Pangan bagi KPM
  4. Memberikan lebih banyak pilihan dan kendali kepada KPM dalam memenuhi kebutuhan pangan
  5. Mendorong pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/ SDGs)

    Ibu-ibu penerima berebut tanda tangan penerimaan BPNT

Manfaat Program BPNT adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatnya ketahanan pangan di tingkat KPM sekaligus sebagai mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan
  2. Meningkatnya transaksi non tunai dalam agenda Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT)
  3. Meningkatnya akses masyarakat terhadap layanan keuangan sehingga dapat meningkatkan kemampuan ekonomi yang sejalan dengan Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI)
  4. Meningkatnya efisiensi penyaluran bantuan sosial
  5. Meningkatnya pertumbuhan ekonomi di daerah, terutama usaha mikro dan kecil di bidang perdagangan

    Senyum bahagia penerima BPNT

Pembagian BPNT untuk warga Desa Tremes sendiri telah terlaksana pada hari Jum’at (30/11/2018) dengan mengambil tempat di Lumbung Desa Tremes, yang terletak di Dusun Tremes RT 02 RW 01.

Pelaksanaan distribusi yang dilakukan oleh pengelola E-Warong Desa Tremes dapat berjalan secara tertib dan lancar, meskipun ada beberapa warga yang masuk data dari  Dinas Sosial sebanyak 244 orang, baru terealisasi sebanyak 226 nama penerima bantuan kali ini.

Dalam pelaksanaan distribusi ini pula, Rinanto, selaku pelaksana E-Warong Desa Tremes, menyampaikan bahwa ada beberapa kendala pada distribusi BPNT yang baru pertama kalinya di terapkan ini.

“ Telur yang kami terima dari rekanan pecah sebanyak 5 kg,” terangnya, “ Terus terang kami juga bingung harus kemana meminta ganti.”

Sementara untuk bantuan beras belum ada keluhan dari warga penerima BPNT, sampai selesai pelaksanaan distribusi yang berakhir pada pukul 16.30 WIB tersebut. (admin)

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan