Forkom BPD Satu Langkah Menuju Sinergi Positip Demi Kemajuan Desa

Sembukan – Paguyuban Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kecamatan Sidoharjo mengadakan pertemuan rutin pada hari Selasa (10/09/2019) sebagai  tuan rumah bulan ini BPD Sempukerep.

Agenda yang sudah terjadwal diadakan tiap bulan secara bergantian ini merupakan langkah maju dalam keterlibatan BPD sebagai lembaga legislatif ditingkat desa. BPD merupakan rekan kerjasama dengan Pemerintah Desa untuk melaksanakan program-program dan fungsi pemerintah desa.

Berawal dari bimbingan teknis untuk anggota BPD yang diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Wonogiri pada awal tahun 2019 kemarin, beberapa ketua BPD di Sidoharjo berkumpul untuk menindaklanjuti hasil-hasil bintek tersebut dengan membentuk satu forum komunikasi (forkom) BPD se-Kecamatan Sidoharjo.

Pertemua ke-3 Forkom BPD di Sempukerep

Sulardi, S.farm (45 tahun) Ketua BPD Widoro yang merupakan salah satu inisiator dari forkum BPD menjelaskan bahwa kesamaan visi dan misi diantara Ketua-Ketua BPD se-Kecamatan Sidoharjo yang mendorong terbentuknya paguyuban tersebut.

“ Ada keinginan kami untuk turut ambil bagian dalam pembangunan dan kemajuan desa, belum lagi SDM-SDM yang dimiliki oleh anggota BPD periode kali ini (2019-2024) lebih potensial untuk membantu pemerintah desa dalam menjalankan program-programnya,” ujar Sulardi.

“ Alhamdulillah agenda pertemuan Forkom BPD  yang ketiga kalinya dihadiri 44 orang anggota, dan berkenan Bapak Camat Sidoharjo untuk ngrawuhi (mendatangi-red) sekaligus memberikan saran dan masukan bagaimana BPD kedepan dapat mengambil peran aktif dalam kemajuan desa,” tandas Sulardi.

Sebagaimana yang diamanatkan oleh Camat Sidoharjo, meskipun BPD memiliki kedudukan yang sejajar dengan Kepala Desa jangan sampai melampui wewenang uatamnya yaitu fungsi pengawasan. Karena disadar atau tidak, keharmonisan antara Pemerintah Desa dengan BPD pada akhirnya menjadi faktor pendorong untuk suksesnya program-program pemerintah desa.

Lamjari anggota BPD Tremes memberikan sambutan

 

Sementara itu Ketua BPD Tremes Suryana yang turut menghadiri pertemuan tersebut bersama Lamjari, Sekretaris BPD, merasakan manfaat yang sangat positip dengan adanya forum ini.

“ Ada satu forum sebagai ajang diskusi dan berbagi pengalaman diantara anggota BPD se-Kecamatan Sidoharjo, tentu hal ini sangat mendukung kami dalam melaksanakan tupoksi sebagai anggota BPD,” ujar Suryana yang merupakan pensiunan dari Dinas Pertanian Pemkab Wonogiri.

“ Kami banyak menyerap ilmu dan informasi yang mungkin belum kami ketahui melalui forum ini, harapan kami kedepan dengan adanya forum ini bisa menjaga marwah BPD dalam melaksanakan tugasnya tanpa keluar dari rel,” lanjut Pak Sur, panggilan akrab beliau.

Sebagai informasi, Forkom BPD Sidoharjo yang terbentuk baru tahun ini merupakan wadah anggota BPD satu-satunya di Kabupaten Wonogiri, dan ini mendapatkan apresiasi positip dari Bupati Wonogiri.

Foto bersama diakhir acara

“ Mas Jekek (Bupati Joko Sutopo) bahkan sangat antusias ketika kami sampaikan terbentuknya forum ini beberapa waktu yang lalu, bahkan siap untuk hadir suatu saat nanti di agenda rutinan Forkom BPD Sidoharjo. Selain untuk meningkatkan kapasitas anggota BPD, kami membentuk forkom ini juga dalam rangka menggali potensi-potensi yang ada di desa untuk dapat dikembangkan lebih lanjut dengan manajemen yang lebih profesional” lanjut Sulardi melalui sambungan seluler ketika dihubungi admin.

Pemerintah Desa Tremes sendiri sangat berharap dengan adanya Forkom BPD tersebut membuat sinergi positip antara Pemerintah Desa sebagai lembaga eksekutip di tingkat desa dengan BPD sebagai lembaga legislatif demi kemajuan desa. (admin)

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan