Hari Ini 50 Warga Desa Tremes Mendapatkan Vaksin Covid-19

YI DIGITAL CAMERA

Sidoharjo – Puluhan warga Desa Tremes mendatangi Puskesmas Sidoharjo pada Sabtu (24/04/2021) untuk mengikuti program vaksinasi anti Covid-19.

Peserta vaksinasi dengan kriteria usia minimal 60 tahun ini datang dari 7 Dusun yang ada di wilayah Desa Tremes, mulai mendatangi Puskesmas Sidoharjo sedari pukul 08.00 WIB.

“ Kami mendapatkan jatah 50 orang warga dengan usia minimal 60 tahun untuk kegiatan hari ini, “ ujar Kepala Desa Tremes, Parman, S.E, yang Nampak turut mendampingi pelaksanaan program vaksinasi.

Kades Tremes, Parman, S.E mendampingi warga dalam proses vaksinasi Covid-19

“ Sejauh ini sudah mendekati angka 50 orang yang sudah hadir, tentu Pemerintah Desa Tremes berharap peran serta aktip dari warga yang berkesempatan untuk mendapatkan vaksin pada hari ini, “ lanjut beliau.

Program vaksinasi untuk warga diatas usia 60 tahun ini sendiri diprioritaskan bagi warga desa di sekitaran Kelurahan Sidoharjo, seperti Desa Tremes, Desa Jatinom, Kedunggupit dan Kelurahan Kayuloko.

“ Dengan tingkat mobilitas warag dari 4 wilayah tersebut yang tinggi, terutama yang sering ke Pasar Sidoharjo baik sebagai pedagang ataupun sekedar berbelanja, menjadi dasar kenapa 4 wilayah tersebut yang mendapatkan prioritas terlebih dahulu,” kata Dr. Rukmi Budi, Kepala UPT Puskesmas Sidoharjo yang ditemui disela-sela kegiatan vaksinasi.

Dr. Rukmi, Kepala UPT Puskesmas Sidoharjo

“ Tidak ada target dari pihak kami seberapa banyak warga yang mendapatkan vaksin kali ini, tentu kami juga menyesuaikan dengan jumlah vaksin yang kami terima dari Pusat,” tambah Bu Rukmi.

“ Kenapa harus warga dengan usia diatas 60 tahun yang mendapat prioritas? Karena rentang usia diatas 60 tahun inilah yang rentan berpotensi terpapar dari Covid-19 itu sendiri, apalagi dengan aktivitas mereka yang bisa dikatakan masih cukup tinggi,” terang Dr. Rukmi.

Salah satu warga Desa Tremes sedang di suntik vaksin Covid-19 didampingi Bidan Desa

Pantuan dari lokasi pelaksanaan vaksinasi ini sendiri tidak nampak antrian panjang dari warga Desa Tremes, hal ini terjadi karena warga yang hadir tidak bersamaan sehingga tidak menimbulkan antrian yang panjang.

“ Sebenarnya untuk mencegah penularan Covid-19 ini mudah, warga cukup menjalankan Protokol Kesehatan (Prokes) saja sudah bisa, silahkan kalau mau beraktivitas seperti biasa selama warga menjalankan prokes kesehatan tersebut, “ himbau Dr Rukmi. “ Penggunaan masker, cuci tangan sesering mungkin, menjaga jarak atau hindari kerumunan, mengurangi mobilitas yang tidak perlu, itu saja yang harus dilakukan oleh masyarakat”.

Sementara itu respon positip dari warga Desa Tremes yang mendapatkan vaksin hari ini, rata-rata tidak memberikan keluhan setelah proses pemberian vaksin melalui jarum suntik tersebut.

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan