Keharmonisan Keluarga Benteng Efek Negatif Dari Arus Modernisasi

Ilustrasi Keluarga bahagia

Kemajuan teknologi dewasa ini telah menyentuh segala aspek kehidupan, dunia yang luas ini seakan tidak memiliki batas lagi. Kejadian di belahan bumi manapun sekarang ini tidak butuh waktu yang lama untuk dapat kita ketahui, seakan-akan kehidupan sekarang ini tidak memiliki sekat lagi.

Era modernisasi dewasa ini memang tidak lepas dari produk-produk teknologi pada setiap sendi-sendi kehidupan, mulai dari memasak, mencuci bahkan aktivitas jual beli sekarang ini bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah. Apalagi dengan kemajuan di bidang internet sekarang ini, di mana setiap aktivitas kehidupan kita cenderung di temani akses ke dunia maya, dunia yang benar-benar tanpa batas.

Dibalik sisi positip dari kemajuan teknologi tersebut, tentu ada sisi negatif yang di rasakan oleh warga masyarakat pengguna teknologi. Pada kehidupan bermasyarakat secara umum, meningkatnya angka tindak kriminal menjadi akibat negatif dari kemajuan teknologi tersebut. Bermunculannya produk-produk teknologi yang tidak di imbangi dengan peningkatan pendapatan cenderung menjadikan sekelompok masyarakat menghalalkan segala cara untuk mendapatkan produk-produk tersebut.

Belum lagi meningkatnya kenakalan remaja yang dari tahun ke tahun angkanya semakin meningkat, tentu tidak terlepas dari kemajuan teknologi yang pemanfaatannya kurang dapat di optimalkan oleh masyarakat pengguna, dalam hal ini para remaja dan kawula muda.

Efek-efek negatif dari perkembangan jaman yang di ikuti dengan kemajuan teknologi ini ibarat dua sisi mata uang yang tentunya tidak dapat dipisahkan begitu saja. Tidak bisa kita sebagai masyarakat terus melarang atau menghindar dari perkembangan jaman tersebut, yang bisa kita lakukan salah satunya adalah bagaimana meminimalisir efek negatif dengan sesuatu hal yang bersifat positip tentunya.

Banyak kegiatan yang telah dilakukan masyarakat sebagai pencegahan salah satu yang bisa di terapkan adalah membatasi penggunaan barang-barang modern, kemudian meningkatkan kualitas keharmonisan keluarga, dan kegiatan-kegiatan positip yang merangsang aktivitas kita di luar ruangan seperti berolahraga.

ilustrasi barang-barnag elektronik

Ada satu keluarga yang berhasil melindungi anggota keluarganya, dalam hal ini anak-anak dengan cara membuat program satu hari tanpa penggunaan barang-barang modern, seperti smartphone, handphone, tv, radio dan benda-benda elektronik lainnya.

Satu dua kali memang di rasa cukup berat, tapi efek yang muncul pada saat pelaksanaan program ini sangatlah luarbiasa bagi keharmonisan keluarga tersebut. Bagaimana tidak, dalam satu hari yang mereka lakukan dari pagi sampai malam hari adalah aktivitas-aktivitas yang menciptakan satu komunikasi yang erat dalam keluarga tersebut. Tidak ada kabar dari luar, yang ada hanya saling berinteraksi antara ayah, ibu dan anak-anak. Hal ini tentu secara perlahan akan mendorong ikatan emosional yang lebih erat diantara keluarga tersebut.

Memang hal sepele yang di lakukan, akan tetapi dari hal yang sepele inilah keharmonisan keluarga yang pada akhirnya dapat menjadi benteng efek negatif dari arus modernisasi di semua aspek kehidupan. (admin)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan