Kunjungi Gemantar, Operator Desa Se-Kecamatan Sidoharjo Belajar Sistem Informasi Desa

Selogiri –  Rombongan operator website desa yang dipimpin Moelyono, S.Sos, M.M, Camat Sidoharjo melaksanakan kegiatan replikasi terkait web desa di Desa Gemantar pada Sabtu (21/09/2019) tadi.

Peserta kegiatan replikasi yang yang diinisiasi TPID Kecamatan Sidoharjo ini, terdiri 32 orang operator website dari 10 Desa dan pendamping desa lokal di Kecamatan Sidoharjo. Untuk Desa Tremes sendiri diwakili Arief Gunawan Kasi Pemerintahan dan Rinanto Kaur Keuangan,  sesaat tiba di Kantor Balai Desa Gemantar  pada pukul 09.30 Wib, kemudian dilanjut dengan kegiatan yang berlangsung di gedung olahraga Desa Gemantar.

Camat Sidoharjo Moelyono S.sos, M.M dan Sriyono Ketua BPD Gemantar (foto: PPID Tremes)

Moelyono S.Sos, M.M Camat Sidoharjo yang diberikan kesempatan awal untuk memberikan sambutan menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini nantinya ada output positip yang dapat diambil untuk kemudian diterapkan didesa masing-masing peserta kegiatan.

“ Kegiatan ini merupakan sarana belajar bersama baik antara Kepala Desa dengan operator website desa,” ujar beliau.” Ketika orang-orang yang paham IT ini berkumpul tentu nantinya dapat menjadikan pengelolaan desa menjadi transparan.”

Witanto dan Purwanto peserta kegiatan dari Sempukerep (Foto : TPID Sidoharjo)

Pemilihan Desa Gemantar sendiri sebagai lokasi tujuan kegiatan replikasi website desa bukan tanpa alasan, banyak prestasi baik ditingkat daerah maupun nasional yang telah dicapai dalam bidang pengelolaan informasi publik.

“ Kami ingin belajar bagaimana cara pengelolaan informasi mulai dari siapa pengelolanya, cara pengelolaannya, apa yang dikelola dan bagaimana outputdari pengelolaan informasi tersebut,” lanjut Pak Moelyono.

Sementara itu Kepala Desa Gemantar yang diwakili  oleh  Sriyono, Ketua BPD Gemantar menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan yang merupakan rangkaian kegiatan  TPID Kecamatan Sidoharjo.

Peserta kegiatan menyimak pemaparan materi (foto : TPID Sidoharjo)

“ Dalam bekerja tentu haruslah dengan keikhlasan, karena dengan hati yang ikhlas semuanya akan mendapat kemudahan dan tentunya keberkahan,” sambut Sriyono. “ Inilah yang menjadikan Desa Gemantar sebagai Desa yang berinovasi dibidang pelayanan informasi publik.”

Ketua BPD Gemantar tidak menampik bahwa prestasi yang dicapai selama ini merupakan buah kerjasama yang baik diantara perangkat desa, dan tentunya juga dukungan penuh dari Kepala Desa sebagai pucuk pimpinan di pemerintahan desa.

Ibnu Purwanto, Sekretaris Desa Gemantar menyampaikan materi PPID (Foto : PPID Tremes)

Dalam penyampaian materi oleh Ibnu Purwanto, Sekretaris Desa Gemantar, di ungkapkan bahwa keterbukaan informasi publik ini tidak serta merta. Ada peraturan yang mendasarinya yaitu UU No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik .

“ Pemerintah Desa harus mempunyai basis data yang lengkap dan rapi sebagai dasar dalam memberikan informasi yang diminta oleh masyarakat,” Kata Ibnu. “ Jika kita memberikan informasi yang tidak sesuai dengan data, inilah yang disebut dengan hoak.”

“ Untuk itulah perlunya dibentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi atau disingkat dengan PPID,” lanjut Ibnu. “ Dalam PPID nanti ada alur atau standar operasional pelayanan yang digunakan dalam menjawab kebutuhan warga akan informasi, jadi tidak serta warga mendapatkan informasi yang diinginkan.

Selain materi terkait PPID yang disampaikan oleh Ibnu Purwanto, ada 2 materi tambahan berupa pengelolaan website desa yang dibawakan Arief Gunawan, operator website Desa Tremes dan materi terkait pelayanan online berbasis Siak Disdukcapil yang dibawakan oleh Wardoyo, Perangkat Desa Gemantar.

Sebelum penutupan acara yang berlangsung hampir 3 jam ini, Camat Sidoharjo meminta untuk kedepannya kegiatan belajar bersama antar operator website desa diagendakan secara rutin dengan mengambil lokasi di Pendopo Kecamatan Sidoharjo. Hal ini merupakan dukungan penuh dari Camat Sidoharjo untuk membuat Kecamatan Sidoharjo memiliki potensi unggulan yang dimulai dengan penggunaan media website yang terkoneksi antara kecamatan dengan desa.(admin)

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan