Mbah Seman, The Village Legend

Tremes (02/02/2018) – Sesosok yang satu ini tidaklah asing bagi warga Dusun Jatiwayang khususnya dan Desa Tremes pada umumnya. Di sisa-sisa keperksaan sebagai seorang lelaki yang pantang menyerah, Mbah Seman begitu pemilik nama lengkap Seman Mantowiyono ini akrab di panggil.

Sosok pemberani yang tiap malam bertugas sebagai penjaga malam di Kantor Balai Desa (KBD) Tremes ini hampir 34 tahun bertugas sebagai penjaga malam. Tidak aneh bagi ayah 2 anak dan kakek dari 4 cucu ini begitu akrab dengan warga Desa Tremes. Bahkan catatan riwayat pekerjaan Mbah Seman bertambah panjang karena sebelum menjadi penjaga malam beliau ini bertugas sebagai penjaga keamanan atau hansip desa.

Hadapi hari dengan senyuman

Suasana malam hari di KBD Tremes begitu akrab dengan beliau, meskipun terkadang terselip suasana mistis di seputaran KBD yang dulu jauh dari pemukiman warga, meskipun letaknya di pinggir jalan raya. Mbah Seman menyakini bahwa “sosok penunggu” di KBD Tremes telah menyatu dengan jiwanya.

Pria kelahiran 25 April 1945 ini telah merasakan 3 kali era kepimpinan Kepala Desa Tremes, dimulai dari (Alm) Sutarjo, (Alm) Sarwono, sampai dengan Kepala Desa saat ini Agus Juair. Terkait dedikasi beliau tidak perlu dipertanyakan lagi, dengan honor yang tidak seberapa dan tidak bisa diterima tiap bulan, Mbah Seman bertugas juga sebagai tenaga kebersihan. Satu hal yang bisa jadi tidak setiap orang mau melakukannya, tapi karena kecintaan Mbah Seman terhadap desa, beban pekerjaan ini beliau nikmati tanpa keluh kesah.

Ada satu pengalaman yang mungkin tidak akan terlupakan selama menjadi penjaga malam, satu malam ketika bangun terjaga dari tidur malam Mbah Seman merasa di temani seekor macan putih, anehnya binatang yang terkenal buas ini seakan-akan jinak di hadapan Mbah Seman. Ada satu hubungan komunikasi batin yang beliau rasakan ketika berhadap-hadapan dengan macan ini. Untungnya tidak ada kejadian aneh lagi yang di alami setelah peristiwa itu, dan karena kejadian inilah Mbah Seman merasa memiliki ketentraman ketika bertugas di kantor ini.

Demikian sekelumit biography dari Mbah Seman Mantowiyono, sang penjaga malam KBD Tremes. Semoga semangat dan dedikasi beliau menular pada kita semua, amin. (Admin)

Facebook Comments

2 thoughts on “Mbah Seman, The Village Legend

Tinggalkan Balasan