Membangun Sistem Informasi Desa Melalui Pelatihan Operator SID

  1. Wonogiri (19/02/2018)- Sistem Informasi Desa (SID) sebagai implementasi dari amanah UU Desa No 06 tahun 2014 terutama terkait dengan keterbukaan informasi publik menjadi satu keharusan buat desa.
Materi ke 2 di isi oleh Diskominfo

Apalagi untuk desa-desa yang sudah mendapatkan pelatihan SID ini pada bulan Oktober 2017 kemaren. Dari 251 Desa yang ada di Wonogiri kesemuanya telah mendapatkan pelatihan SID yang berbasis pada media website ini, sebanyak 220 Desa yang mendapatkan pelatihan tahun 2017 kemaren berbasis pada aplikasi Sideka yang di fasilitasi dari BP2DK .

Sementara desa yang mendapatkan pelatihan di 2016 berbasis aplikasi yang di kembangkan oleh CRI. Hal ini yang melandasi Pemerintah Kabupaten Wonogiri melalui Dinas Bapermasdes untuk memberikan pelatihan lanjutan bagi 31 desa yang belum berbasis sideka, meskipun desa-desa tersebut sudah mendapatkan pelatihan terlebih dahulu.

Acara pelatihan yang berlokasi di ruang Khayangan Setda Komplek pendopo Kabupaten Wonogiri ini dibuka oleh Sekretaris Bapermasdes Margono S.H, M.hum pukul 08.30 Wib. Secara umum pelatihan yang diberikan kali ini adalah bagaimana mengelola SID dari yang berbasi CRI ke aplikasi Sideka.

Pemkab Wonogiri berharap melalui pelatihan ini, seluruh desa di kabupaten Wonogiri mulai memanfaatkan jaringan internet untuk membangun informasi keterbukaan publik yang berbasis website. (Admin)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan