Membasmi Tikus, Si Hewan Pengerat

Tikus, jika kita mendengar hewan pengerat satu ini pasti yang muncul di benak kita adalah perasaan jengkel dan jijik. Tidak dapat di pungkiri, tikus merupakan salah satu hewan yang di benci manusia, demikian juga bagi penulis. Hewan ini menjadi musuh baik di rumah maupun di lingkungan sekitar rumah, terutama di persawahan.

Hewan yang memiliki nama latin Apodemus sylvaticus ini dapat di temukan mulai dari got-got , sudut-sudut rumah, sampai dengan di persawahan. Sampai sekarang ini belum di temukan obat penangkal yang benar-benar mujarab untuk membasmi hewan ini.

Kalaupun ada obat pembasmi tikus, bisa di pastikan hanya untuk waktu sesaat. Karena sering kali kita obati , beberapa hari kemudian malah semakin banyak populasi tikus ini.  Apalagi waktu-waktu sekarang ini para petani banyak yang akan panen padi, sering kali mereka kecewa dengan hasil tanaman padi yang menurun hasil panennya karena di serang hama tikus.

Selain menyerang areal persawahan tikus juga sering kali menyelinap di kandang-kandang ternak untuk mencuri pakan-pakan ternak . Bahkan peternak puyuh di Dusun Kerok mengeluhkan serangan tikus-tikus ini yang tidak hanya menggerogoti pakan saja tapi juga makan telur puyuh. Sering kali di pagi hari peternak puyuh mendapati kulit telur puyuh yang sudah kosong karena di makan tikus.

Tikus yang di racun dari kandang puyuh

Pembasmian tikus ini sering kali dilakukan, baik dengan obat cair atau obat bubuk bahkan pernah di coba dengan jebakan arus listrik di sekitar kandang puyuh, akan tetapi semua tidak efektip membasmi tikus yang mengganggu tersebut. Jika ada yang mati itu pun hanya satu dua, untuk kemudian hari datang lagi dalam jumlah yang lebih banyak.

Begitupun juga dengan tikus yang ada di rumah-rumah, keberadaannya dapat dipastikan mengganggu si empu rumah. Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin dapat di terapkan atau di gunakan dalam membasmi tikus, utamanya yang ada di rumah-rumah

  1. Pelihara Kucing atau Ular

Cara membasmi tikus yang pertama adalah dengan memelihara hewan yang suka memangsa tikus, yaitu kucing atau ular. Untuk hewan kucing, anda harus memilih kucing yang mau memangsa tikus. Jika dirasa kucing masih belum mempan mengusir tikus, anda bisa beralih memelihara ular. Tetapi tidak semua orang bisa memelihara ular, dibutuhkan keahlian yang khusus.

  1. Jangkrik

Pada dasarnya tikus merupakan hewan yang tidak suka dengan suasana ramai, oleh sebab itu anda bisa mengusir tikus dengan memelihara jangkrik yang bisa mengerik. Taruhlah jangkik di daerah yang sering dilalui oleh tikus, dijamin rumah anda akan terbebas dari gangguan tikus.

  1. Minyak Mint

Mengapa tikus takut dengan minyak mint ? Selain tidak suka dengan keramaian, tikus juga tidak suka dengan bau-bau yang menyengat. Salah satu pengusir tikus alami adalah minyak mint. Caranya mudah, oleskan minyak mint ke kertas karton. Selanjutnya letakkan karton tadi di daerah yang sering dilalui tikus. Dijamin tikus dirumah anda akan segera musnah.

  1. Buah Mengkudu

Selain bermanfaat bagi kesehatan, buah mengkudu juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara mengusir tikus dirumah, karena mengkudu memiliki bau yang tidak enak (menyengat). Taruh potongan 2 atau 3 buah mengkudu, di tempat yang sering dilewati tikus atau tempat persembunyiannya. Maka bisa dijamin rumah anda akan terbebas dari hewan pengerat ini.

  1. Merica

Bau pedas merica menyulitkan tikus untuk bernapas dan mengancam kelangsungan hidup mereka. Cukup taburkan beberapa bubuk merica di sudut-sudut rumah anda dan lubang dimana tikus berada. Lakukan cara ini secara seminggu, anda akan melihat hasil yang positif. Ulangi proses jika tikus datang kembali.

  1. Bawang Merah

Bawang merah merupakan obat pembasmi tikus yang sangat efektif untuk menyingkirkan tikus secara alami. Bau bawang merah yang kurang enak membuat tikus takut. Caranya: iris bawang merah tipis-tipis dan letakkan di area dimana tikus lalu lalang atau langsung di lubangnya.

  1. Buah Durian

Kalau banyak orang menyukai aroma dari buah durian, berbeda dengan tikus yang sangat membenci aroma buah durian. Bukan buahnya yang berfungsi sebagai pembasmi tikus, melainkan isi dan kulitnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus. Potong buah durian menjadi beberapa bagian, dan makan buahnya. Setelah itu taruh isi dan kulit buah durian, ditempat-tempat yang sering dilalui tikus. Dijamin rumah anda akan terbebas dari serangan tikus.

  1. Saus Cabai, Air, dan Detergen

Cara mengusir tikus berikutnya adalah dengan menggunakan campuran dari saus cabai paling pedas, detergen, dan dilarutkan dengan air. Taruhlah campuran tersebut kedalam botol spray, ketika tikus-tikus mulai muncul anda bisa menyemprotkan cairan tersebut. Tikus akan merasa Abas. Menggunakan cara ini anda harus berhati-hati, karena jika mengenai mata akan sangat berbahaya.

  1. Menggunakan Kapur Barus

Selain tidak menyukai bau dari daun mint, buah mengkudu, dan buah durian. Tikus juga tidak menyukai bau harum dari kapur barus yang sangat wangi. Maka dari itu, anda bisa menggunakan kapur barus sebagai cara mengusir tikus yang alami. Caranya mudah, taruh kapur barus ditempat yang sering dilalui oleh tikus. Dengan demikian hewan pengerat tersebut akan merasa jengkel, dan akhirnya menghilang pergi.

  1. Kotoran sapi

Cara ini bisa anda lakukan jika anda punya binatang peliharaan yang terancam oleh keberadaan tikus, seperti ayam, bebek, burung, dsb. Atau jika anda memiliki sawah atau ladang yang terancam oleh hama tikus. Kotoran sapi merupakan salah satu cara efektif mengusir tikus. Ambil beberapa kotoran sapi dan taruh di kandang binatang peliharaan anda. Jika anda tidak jijik, anda juga bisa menerapkan cara ini lalu anda taruh di dalam rumah. Anda berani?

  1. Bedak Bayi

Anda juga bisa memakai bedak bayi sebagai racun alami untuk tikus. Meskipun metode ini tidak begitu efektif; Namun, anda bisa mencobanya sekali-kali. Taburkan bubuk bayi di sudut rumah dan area yang sering dilewati tikus. Bedak bayi akan meracuni tikus dan membantu anda mengusir tikus ke luar rumah.

Tips Rumah Bebas Tikus

Selain cara mengusir tikus, yang tidak kalah penting adalah tindakan pencegahan agar rumah anda terbebas dari tikus. Apa saja tipsnya? Mari kita simak :

  • Selalu jaga kebersihan rumah, termasuk bagian atas (plafon, atap).
  • Tutup semua lubang yang ada di rumah, yang berpotensi masuknya tikus.
  • Tempatkan sampah di luar rumah, dan buang secara teratur serta hindari genangan air.
  • Jika tidak bermasalah, anda bisa memelihara kucing atau jangkrik.
  • Bersihkan sisa-sisa makanan bekas masakan dan makanan, khususnya makanan berlemak, daging, ikan, dsb
  • Selalu bersihkan lantai anda secara teratur. Tikus benci dengan lantai yang bersih.
  • Bersihkan air pada pot tanaman anda. Tikus jenis curut gemar sekali bersembunyi di tanaman.
  • Hindari tanamanan bersemak dan tinggi pada halaman rumah.
  • Tutupi dan selalu jaga makanan anda ketika tidak sedang dimakan.
  • Selalu bersihkan got depan rumah anda. Tikus Got merupakan jenis tikus yang bandel dan cukup sulit dibasmi.

Menjumpai tikus dirumah bisa menjadi hal yang tidak menyenangkan, apalagi jika sampai tercium aroma air kencing tikus dimana-mana, Uhhh, sangat menjengkelkan. mengusir tikus memang bukan hal yang mudah, karena selain bandel dan bau, hewan ini sangat mudah berkembang biak, belum lagi tikus kecil bernama CURUT. Selamat mencoba cara mengusir tikus di rumah, semoga cara yang anda pilih bisa memberikan efek jera pada tikus. Sehingga tidak kembali lagi ke rumah anda. (dari berbagai sumber)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan