Pelatihan Siskeudes Untuk Transparansi Keuangan Desa

Kebonagung – Dalam rangka meningkatkan kualitas dari sumber daya manusia dan untuk peningkatan kapasitas dari Perangkat Desa terutama Bendahara dan Operator Desa, Pemerintah Kabupaten Wonogiri melalui Dinas PMD mengadakan pelatihan terkait aplikasi Sistem Keuangan Desa atau disingkat dengan Siskeudes.

Pelatihan yang dibuka oleh Mulyono, S.Sos, M.M , Camat Sidoharjo ini direncanakan berlangsung selama 2 hari mulai dari Selasa (13/08/2019) sampai dengan Rabu (14/08/2019). Pada pelatihan yang mengambil tempat di Balai Desa Kebonagung ini, Camat Sidoharjo menekankan perlunya Perangkat Desa untuk menguasai teknologi, sehingga mampu mengimbangi tuntutan masyarakat akan pelayanan publik yang berbasis kemajuan teknologi.

Mulyono, S.Sos, M.M Camat Sidoharjo memberikan sambutan

Dihadapan peserta pelatihan yang terdiri Bendahara Desa dan Operator Desa dari 10 Desa serta Pendamping Desa Lokal di Kecamatan Sidoharjo, Camat Sidoharjo juga menekankan profesionalitas Perangkat Desa dapat terasah dengan diadakannya kegiatan semacam pelatihan siskeudes ini. Desa Tremes sendiri dihadiri oleh Rinanto selaku Bendahara Desa dan Achmad Prasetyo Kaur Umum dan Perencanaan yang juga merangkap sebagai operator Desa Tremes.

Peserta pelatihan mulai dari Perangkat Desa dan Pendamping Desa Lokal Se-Kecamatan Sidoharjo

Sementara itu hadir dalam acara pelatihan hari pertama ini tadi, narasumber dari Dinas PMD diwakili oleh Hari Sutrisno dan dari Tenaga Ahli Pendamping Desa Kabupaten Wonogiri Satya Graha.

“ Pelatihan ini diadakan atas inisiatip dari Bendahara Desa Se-Kecamatan Sidoharjo,” ujar Satya Graha, “Dan tentunya kami menindaklanjuti Perbup Wonogiri No 31 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Desa menggunakan Siskeudes.”

Satya Graha yang juga seorang penggiat medsos ini mengutarakan bahwa aplikasi Siskeudes ini dikembangkan oleh BPKP yang bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri, dengan harapan adanya transparansi dan akuntable dalam pelaporan keuangan desa. Bahkan kegiatan semacam ini sudah secara rutin diadakan oleh Bendahara-Bendahara Desa seluruh Kabupaten Wonogiri secara swadaya, tidak boleh dilaksanakan oleh pihak ketiga atau rekanan dari luar.(admin)

 

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan