Perpisahan KKN UNS di Balai Desa Tremes

Tremes (20/02/2018) – Tidak terasa 45 hari sudah mahasiswa-mahasiswi Universitas Sebelas Maret Surakarta melaksanakan tugas dari mata kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Tremes Sidoharjo, setiap pertemuan pasti ada perpisahan begitu pameo lama yang sering kita dengarkan. Kehidupan masyarakat di desa beserta dengan dinamika-dinamikanya sudah banyak di rasakan oleh mahasiswa KKN selama tinggal di Desa Tremes.

                                                                                            Persiapan acara perpisahan

Banyak kegiatan-kegiatan yang telah di laksanakan baik itu di tingkat dusun maupun tingkat desa, mulai dari Dusun Mojorejo dengan pelatihan UKM pembuatan nuggets dari bahan dasar tempe, sampai dengan pelatihan penggunaan jaringan internet yang di sinergikan lewat website desa . Respon positip yang di terima masyarakat Desa Tremes menjadikan kenangan tersendiri bagi pemuda-pemudi yang kedepan di harapkan dapat mengaplikasikan apa yang di terima dari kegiatan KKN ini pada saat mereka terjun ke masyarakat setelah kelulusan dari bangku kuliah.

Dalam kaitannya dengan telah selesainya kegiatan KKN ini, di Balai Desa Tremes hari ini (20/02/2018) dilaksanakan kegiatan pamitan mahasiswa-mahasiswi KKN kepada masyarakat Desa Tremes. Karena di rencanakan pada hari Kamis nanti (22/02/2018) upacara pelepasan akan di laksanakan di Kecamatan Sidoharjo.

“ Dari ke 7 dusun yang ada di Desa Tremes, hampir semuanya merespon positip dengan kehadiran kami “, ujar Alif Maulana Hidayat sebagai anggota KKN. “ Apalagi di tempatnya Pak Kasimo (Kadus Jatiwayang) dan Pak Didik Sukadi (Kadus Mojorejo) kita sampai kekenyangan dengan suguhan yang di sajikan “.

                                                                        Alif Maulana ngobrol santai dengan Mbah Seman

Alif yang juga tercatat sebagai Mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Elektro Angkatan 2014 ini berharap pengalaman-pengalaman yang mereka rasakan selama di Desa Tremes mampu membentuk karakter yang kuat sebagai cirikhas masyarakat desa kedepannya nanti.

Sementara itu Kepala Desa Tremes, Agus Juair dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN yang telah melakukan serangkaian kegiatan positip di Desa Tremes, apa yang di telah di lakukan semoga menjadi kegiatan positip dan berkelanjutan bagi warga. Tidak lupa Kepala Desa juga mengucapkan permohonan maaf apabila dalam 45 hari ini ada perkataan maupun tindakan dari masyarakat desa ataupun dari Perangkat Desa Tremes yang kurang berkenan terutama dalam penyambutan selama tinggal di Desa Tremes.

Peserta acara menyimak sambutan Kepala Desa

Dalam kesempatan ini pula, di paparkan sejumlah kegiatan yang telah dilakukan di Desa Tremes oleh Sintaria Eka Rizky dari FISIP Jurusan Ilmu Sosial seperti , kegiatan giat membaca yang di lakukan di Dusun Kerok, gerakan cuci tangan dengan sabun di SD N 1 Tremes Dusun Jatiwayang, pelatihan UMKM di Mojorejo dan pelatihan Internet di Balai Desa Tremes.

                                                                            Pemaparan hasil kegiatan yang telah di laksanakan

Arif Setyawan sebagai Koordinator KKN tidak lupa menghaturkan banyak-banyak terima kasih kepada Kepala Desa dan masyarakat Desa Tremes atas segala hal selama ber-KKN di Desa Tremes. Sebagai penutup acara, Arif yang juga mahasiswa fakultas teknik menyerahkan kenang-kenangan kepada Kepala Desa. (admin)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan