Posyandu Lansia Untuk Menjamin Kesehatan Warga

Pelayanan Kesehatan Desa (PKD) melaksanakan pengecekan kesehatan warga lanjut usia (lansia) di Dusun Mojorejo pada Senin (19/08/2019) yang berlangsung di rumah Didik Sukadi, Kepala Dusun Mojorejo.

Kegiatan rutin tiap bulan dengan fasilitas pelayanan dari Bidan Desa tremes, Martuti Lestyaningsih A.Md,, ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan secara berkala bersama Kader Posyandu Desa Tremes.

Untuk timbang lansia yang dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Posyandu balita bulan ini, Dusun Mojorejo mendapat jatah pelaksanaan pada hari Senin (19/02/2019). Agenda yang seharusnya di laksanakan pada hari Kamis (15/08/2019) ini terpaksa di undur karena Dusun Mojorejo pada hari tersebut melaksanakan kegiatan bersih dusun.

Kader posyandu Dusun Mojorejo terlibat aktip dalam kegiatan

Dalam kegiatan hari ini, selain timbangan dan pemberian vitamin untuk balita diadakan juga cek kesehatan serta timbangan berat badan untuk warga yang sudah berusia lanjut. Tercatat ada 19 orang lansia yang mengikuti kegiatan hari ini tadi, berkurang dari bulan kemaren yang tercatat 27 orang lansia yang datang.

Menurut Bidan Utik, panggilan akrab dari Bidan Desa Tremes, kegiatan timbangan dan cek kesahatan warga lanjut usia ini diadakan dengan harapan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan para lansia, baik kesehatan secara fisik maupun kesehatan secara psikologisnya. Selain dikontrol berat badan lansia, Bidan Utik juga mengadakan penyuluhan pola hidup sehat, senam untuk lansia serta pengobatan bagi lansia yang sedang mengalami sakit.

“ Untuk kegiatan yang positip bagi warga lansia ini, kami mengalami sedikit kendala dalam pelaksanaan,” keluh Bidan Utik.

“ Sarana dan prasarana yang dibutuhkan sesuai standar dari Dinas Kesehatan belum ada,” lanjut Ibu dari 2 orang putri ini. “ Harapan kami selaku Bidan Desa, secepat mungkin untuk pengadaan alat tersebut.”

Warga cuku antusias dengan pelaksanaan posyandu untuk lansia

Sementara itu, Rinanto selaku Bendahara Desa ketika disinggung masalah pengadaan alat sarana dan prasarana yang dibutuhkan tersebut menyampaikan bahwa untuk penganggaran sudah di siapkan, Cuma untuk kuantitasnya belum sesuai dengan kebutuhan. Mengingat keterbatasan anggaran serta permohonan peralatan tersebut ketika sudah masuk tahun berjalan penganggaran.

Harapan Pemerintah Desa sendiri dengan keterbatasan sarana dan prasarana tersbut jangan sampai mengurangi kualitas dari pelayanan PKD sendiri. Sebagai informasi kegiatan untuk posyandu yang didalamnya terdapat juga kegiatan untuk lansia di tingkat dusun sudah terjadwal  pada tanggal yang sudah disepakati bersama. Hanya saja pada pelaksanaannya menyesuaikan dengan kegiatan warga itu sendiri, dalam arti semisal ada kegiatan berbarengan bisa dimajukan atau dimundurkan.

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan