Potensi Ternak Kambing Di Desa Tremes

Beternak kambing bagi masyarakat desa adalah suatu hal yang biasa, banyak masyarakat desayang menjadikan hewan yang satu ini sebagai primadona binatang ternak selain sapi tentunya. Bahkan sudah menjadi satu keharusan bagi masyarakat desa di samping bercocok tanam mereka juga harus beternak kambing. Apalagi harga seekor kambing akan mengalami kenaikan yang signifikan manakala musim haji tiba, faktor inilah salah satu yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat desa (petani) untuk memelihara binatang berkaki empat ini.

Proses jual beli langsung di kandang peternak

Begitu juga warga Desa Tremes, hampir semua warga yang berprofesi sebagai petani atau pekebun dapat di pastikan memiliki hewan ternak ini. Cuma sayangnya dalam beternak ini para warga Desa Tremes masih menganut pola ternak yang tradisional, artinya mereka memiliki hewan ternak hanya untuk “duwen-duwen” atau hanya untuk dimiliki saja. Sebagian juga buat tabungan manakala ada kebutuhan yang mendesak, baru mereka jual kambing ke pasar hewan. Ada juga yang memelihara kambing untuk persiapan ambil keuntungan manakala harga kambing naik di musim haji, garis besarnya banyak warga yang belum menjadikan beternak kambing menjadi satu profesi bagi mereka.

Belum banyaknya warga yang berinisiatif mengelola ternak kambing secara profesional sangat di sayangkan, karena hewan ternak yang satu ini memiliki harga yang bisa di katakan stabil, dalam arti kenaikan dan penurunan harga tidak dalam angka yang besar. Belum lagi faktor ketersedian bahan pakan terutama dedaunan yang ada di wilayah Desa Tremes sangat melimpah, tentu hal ini akan menjadi salah satu faktor pendukung yang sangat positip.

Di tambah dengan kemajuan teknologi peternakan yang sekarang ini mendorong pembuatan pakan fermentasi tentu akan memberikan kemudahan-kemudahan bagi peternak dalam memberi asupan pakan untuk kambing ternaknya. Bayangkan dengan sekali pembuatan pakan fermentasi yang berasal dari bahan-bahan organik bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, tentu hal ini sedikit banyak akan memangkas waktu dari peternak di mana waktu yang di hemat ini bisa digunakan untuk kegiatan yang lain.

Selain itu kebuutuhan pasar akan kambing juga stabil dalam jumlah yang bisa di katakan cukup banyak, mengingat banyak sekali pedagang-pedagang kambing yang berasal dari luar kota selalu mencari kambing dagangan di wilayah Desa Tremes. Ini satu peluang usaha dengan pasar potensial yang harus di garap oleh warga Desa Tremes. (Admin)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan