Rakor Desa Se-Kecamatan Sidoharjo Untuk Gali Potensi Unggulan

Sidoharjo – Rapat koordinasi (rakor) yang mengundang Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua BUMDes dan operator website desa se-Kecamatan Sidoharjo berlangsung pada hari Jum’at (06/09/2019),di Pendopo Kecamatan Sidoharjo.

Rakor yang difasilitasi oleh Camat Sidoharjo, Mulyono, S.Sos, M.M ini bertujuan untuk mensinergikan antara Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua BUMDes dan operator website desa dalam mengembangkan potensi desa.

Dalam sambutannya Camat Sidoharjo meminta untuk desa-desa di wilayah Sidoharjo segera membentuk BUMDes bagi yang belum terbentuk dan bagi yang sudah untuk dapat mengoptimalkan peranan BUMDes dalam meningkatkan PAD Desa.

Sebagaimana laporan yang disampaikan oleh peserta rakor, dari 10 Desa yang hadir terdapat 7 Desa yang belum memiliki BUMDes salah satunya Desa Tremes. Diantara BUMDes yang sudah terbentuk belum ada satu pun yang sudah optimal dalam kinerjanya, untuk itu Mulyono, S.Sos, M.M berharap ada hasil positip setelah diadakan rakor bersama ini.

Sementara itu koordinator Paguyuban Ketua BPD Sidoharjo, Lardi dari Widoro menyampaikan bahwa BPD se-Kecamatan Sidoharjo sudah memiliki paguyuban yang secara rutin kumpul untuk bertukar pendapat demi kemajuan desa.

“ Kami berkumpul bukan dalam rangka mengambil porsi lebih sebagai Ketua BPD, tetapi harapan kami agar desa lebih banyak memberi ruang untuk keterlibatan BPD dalam memajukan desa,” ujar Lardi yang juga sebagai Pendamping PKH Dinas Sosial Kecamatan Sidoharjo.

Perwakilan dari operator, Ketua BPD dan BUMDes Tempursari

Lardi juga berharap kehadiran Forkompincam Sidoharjo dalam acara pertemuan rutinan anggota BPD se-Kecamatan yang akan dilaksanakan pada hari Selasa (10/09/2019) dengan mengambil lokasi di Balai Desa Sembukan.

Camat Sidoharjo merespon positip dengan progres yang disampaikan oleh koordinator BPD tersebut, hanya saja beliau berpesan untuk BPD tetap konsisten pada relnya sebagai badan perwakilan masyarakat desa yang memiliki fungsi pengawasan. Jangan sampai kewenangan yang miliki BPD membuat suasana yang tidak harmonis dalam pemerintahan desa.

Pada kesmepatan ini pula operator  SID Tremes, Arief Gunawan diberikan kesempatan oleh Camat Sidoharjo untuk menyampaikan beberapa hal terkait perkembangan sistem informasi yang terkoneksi antara desa-desa di Sidoharjo dengan website Kecamatan Sidoharjo.

Ketua BPD Tremes, Suryana hadir bersama undangan yang lain

“ Secara teknis hal tersebut tidak lah sulit, apalagi operator website desa sudah diberikan pelatihan dari Dinas PMD dair tahun 2017,” ujar Arief Gunawan yang juga Kasi Pemerintahan Desa Tremes.

“ Yang menjadi kendala adalah niat dan kemauan dari opertor desa itu sendiri, mengingat banyak kerjaan yang bertumpu pada satu dua orang di desa. Jadi kami harap kedepan ada perhatian lebih dari pemerintah desa terhadap petugas operator itu sendiri.”

Camat Sidoharjo berharap untuk operator website ini diadakan pertemuan rutin agar website desa yang tertinggal dapat segera menyusul desa yang lain, dan dengan dukungan dari Pemerintah Kecamatan Sidoharjo tentunya.

Di akhir acara, Galuh Sulistyangsih Pendamping Desa Kecamatan Sidoharjo memberikan sosialisasi terkait pentingnya desa untuk memiliki BUMDes, mengingat Pemerintah Desa yang memiliki fungsi pelayanan tidak diperkenankan untuk melakukan usaha yang memberikan keuntungan secara materi untuk desa. Ini yang menjadi pekerjaan rumah bagi Desa Tremes, mengingat pembentukan BUMDes belum masuk dalam pos anggaran 2019.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan