Semangat Belajar Dalam Pawai Budaya Desa Tremes

kontingen Desa Tremes sebelum diberangkatkan

Tremes – Rangkaian kegiatan Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 tahun 2019 ini, langsung disambung dengan karnaval pawai budaya di tingkat Kecamatan Sidoharjo.

Karnaval pawai budaya yang rutin digelar tiap tahun ini diikuti oleh desa-desa dan kelurahan serta sekolah yang ada di Kecamatan Sidoharjo. Untuk kontingen Desa Tremes diwakili oleh 20 peserta dari 7 Dusun ditambah Karang Taruna dan Perangkat Desa. Sebagai informasi, pihak panitia karnaval di tingkat Kecamatan Sidoharjo memang membatasi peserta tiap kontingen maksimal 100 orang.

Peserta karnaval yang mulai berdatangan di Kantor Desa tremes

Karnaval yang diikuti kontingen dari 10 Desa, 2 kelurahan dan sekolah tingkat lanjutan yang ada di Kecamatan Sidoharjo  ini diselenggarakan pada hari Minggu (18/08/2019) pagi, dengan  start dimulai pada pukul 07.30 WIB .

Sementara itu kontingen karnaval Desa Tremes yang kali ini mengusung tema  Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari , dipimpin langsung oleh Sekretaris Desa, Heri Purnomo,S.E. Tampak mulai pukul 07.15 WIB peserta karnaval mulai berdatangan di titik kumpul awal Kantor Desa Tremes.

Begitu di rasa sudah lengkap rombongan langsung menuju Lapangan Landbau yang berjarak 800 m dari Kantor Desa Tremes. Tidak menunggu terlalu lama di tempat pemberangkatan, rombongan Desa Tremes yang kali ini mendapat nomor pemberangkatan 08 langsung diberangkatkan oleh panitia.

kontingen Desa Tremes sebelum diberangkatkan

Rute perjalanan yang di tempuh mulai dari Lapangan Landbau memutar ke jalan antar desa Sidoharjo-Kebonagung, keutara arah perempatan timur Pasar Sidoharjo. Kemudian belok kekiri menyusur jalan raya Wonogiri – Jatsirono sepanjang depan Pasar Sidoharjo sampai perempatan barat Gudang Saribumi.

Peserta karnaval Desa Tremes sempat berhenti sejenak di depan panggung kehormatan yang terletak di depan Pasar Hewan Sidoharjo, untuk unjuk kebolehan di hadapan tamu undangan. Dari deretan kursi tamu undangan terlihat Camat Sidoharjo, Mulyono, S.Sos, M.M kemudian 2 orang anggota DPRD Kabupaten Wonogiri asal Kecamatan Sidoharjo, Wawan Kristianto, S.E dari PDIP, dan Yekti  Dewi Retno Basuki dari PAN. Tampak hadir pula Forum Pimpinan Kecamatan Sidoharjo yang lain seperti, Kapolsek Sidoharjo dan Komandan Koramil Kecamatan Sidoharjo.

Peserta karnaval yang menonjolkan semangat belajar untuk pendidikan yang layak ini mendapat apresiasi tersendiri dengan kemunculan rombongan pelajar dari berbagai tingkatan pendidkan, terutama peserta didik yang terlihat sedikit uzur untuk usia anak sekolah. Ditampilkan juga koreografi dadakan oleh karang taruna desa yang menggunakan kostum pertanian dan di pandu oleh Pujianto dari Dusun Kerok.

Setelah melalui proses penjurian, rute karnaval yang berakhir di depan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Sidoharjo ini, yang mendapat skor tertinggi adalah, Kontingen SMK Bhakti Nusantara, diikuti Kontingen Kayuloko dan Kontingen Kedunggupit.

Untuk kontingen Desa Tremes sendiri pada tahun ini belum dapat hasil yang maksimal, akan tetapi semangat  untuk meramaikan perayaan dari HUT Republik Indonesia oleh warga Desa Tremes pantar untuk mendapatkan apresiasi tersendiri, semoga tahun depan Desa Tremes bisa lebih maksimal.

Simak videonya disini

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan