Semangat Nasionalisme Warga Tremes Dalam Karnaval HUT RI Ke-73

Tuntutlan ilmu sampai tua nanti, demikian pesannya

Sidoharjo (19/08/2018)- Semangat nasionalisme dan patriotisme yang tinggi patut diapresiasikan kepada segenap warga Desa Tremes dalam rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 tahun 2018.

Kontingen Desa Tremes menjelang keberangkatan

Setelah pada hari Jum’at (17/08/2018) mengikuti upacara pengibaran sang saka merah putih di Lapangan Lanbau Kecamatan Sidoharjo, hari ini tadi Minggu (19/08/2018) mengambil start dari lapangan Lanbau juga, kontingen Desa Tremes mengikuti pawai budaya karnaval peringatan hari proklamasi dengan rute Lapangan Lanbau – Terminal bis – jalan raya mulai dari depan Pasar Sidoharjo – Panggung kehormatan depan pasar hewan Sidoharjo – finish di Depan Makoramil Sidoharjo.

Semangat pejuang kemerdekaan dalam warga Desa Tremes

Arak-arakan Desa Tremes mendapat no urut 8 dalam karnaval tahun ini. Dengan mengambil tema “Tremes Gumbregah Sesarengan Wargo Mbangun Deso”, menampilkan sejumlah kendaraan hias yang telah disiapkan warga Desa Tremes.

Sebagaimana di laporkan dalam tulisan sebelumnya, warga Dusun Semanding dalam karnaval tahun ini membuat kendaraan hias berbentuk kapal perang dan helikopter tempur. Sementara warga Dusun Nunggulan kapal perang dan karang taruna yang berseragam tentara.

Kapal perang buatan warga Nunggulan

Dusun Kerok dalam pawai tahun ini menampilkan pemberdayaan perekonomian warga yang berbasis pertanian dan perkebunan, dengan menampilkan display aneka hasil pertanian dan rombongan ibu-ibu yang berkostum penjual jamu.

Dusun Mojorejo dan Dusun Tremes tidak mau ketinggalan dengan menampilkan rombongan karang taruna  pembawa  bendera pusaka merah putih dan rombongan pelajar manula. Khusus untuk Dusun Tremes sengaja menampilkan pelajar manula dengan harapan dapat memberikan semangat kepada generasi muda yang sedang menempuh pendidikan untuk tetap semangat dalam belajar, jangan jadikan usia sebagai alasan untuk berhenti belajar.

Tuntutlan ilmu sampai tua nanti, demikian pesannya

Dusun Sudimoro sendiri dalam kesempatan karnaval kali ini membawa rombongan relawan-relawan pejuang kemerdekaan Republik Indonesia, yang berkostum dengan tema perjuangan.

Semangat kebersamaan warga Desa Tremes tampak sekali dalam pawai karnaval ini, meskipun cuaca cukup terik tapi tidak menghalangi warga untuk memberikan penampilan yang menghibur masyarakat Kecamatan Sidoharjo di sepanjang rute yang di lewati.

Penampilan Grup Nrethek dari Mojorejo

Apresiasi yang setinggi-tingginya dari Pemerintah Desa Tremes atas antusiasme warga pada keikutsertaan pawai budaya karnaval HUT Republik Indonesia Ke-73 tahun 2018, meskipun belum mendapat hasil yang maksimal tapi semangat perjuangan para pahlawan kemerdekaanlah yang senantiasa harus tertanam dalam diri setiap warga Desa Tremes.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan