Semar Mbangun Khayangan Tandai Bersih Dusun Mojorejo

Tremes – Bersih dusun adalah salah satu adat istiadat masyarakat Jawa yang tidak bisa di tinggalkan dan selalu mengikuti perkembangan jaman.

Sebagaimana yang di adakan malam ini, Kamis (15/09/2019) di Dusun Mojorejo, Tremes, Sidoharjo. Acara bersih dusun yang tandai dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk ini menghadirkan dalang Ki Sularno dari Jatipuro, Karanganyar.

Parigi gamelan bersiap untuk tampilån

Acara rutin yang di adakan tiap 5 tahun sekali ini terselenggara dari partisipasi warga Dusun Mojorejo, baik yang tinggal di dusun maupun warga dusun yang dalam perantauan.

Tampak hadir dalam pagelaran wayang kulit ini, Forkompincam Sidoharjo dimana Mulyono, S.sos, M,M dan Bripda Ardi serta perwakilan dari Koramil Sidoharjo duduk diantara tamu undangan sejak Bakda Isya, dari Pemerintah Desa Tremes sendiri tampak hadir Dra. Eny Yudiyastuti, M.M Pejabat Kepala Desa Tremes, sekdes dan sejumlah perangkat desa.
Dalam sambutannya Camat Sidoharjo memberikan apresiasi tersendiri atas terselenggaranya acara bersih dusun ini.
” Budaya yang adiluhung ini semoga dapat dipertahankan dan dijaga keluhurannya,” sambut Camat Sidoharjo.
“Semoga dalam lima tahun kedepan Dusun Mojorejo senantiasa aman damai dan sejahteran bagi warganya.”
Sementara bagi Dra Eny Yudiyastuti, M.M sendiri menghadiri pagelaran wayang kulit ini merupakan satu pengalaman yang baru, sebagaimana diketahui bahwa beliau berdomisili di Keloran Kecamatan Wonogiri.
” Saya bersyukur dan merasa bangga, ternyata budaya yang luhur ini masih dijaga kelestariannya,” sambut Bu Eny.
” Harapannya semoga dengan bersih dusun ini dapat memberikan manfaat yang positip baik bagi warga Dusun Mojorejo maupun bagi masyarakat Desa Tremes.”
Pagelaran wayang kulit dengan lakon “Semar Mbangun Khayangan” ini di gelar semalam suntuk, dan diharapkan dapat memberikan hiburan tersendiri bagi warga dusun Mojorejo dan sekitarnya. (Admin)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan