Sosialisasikan Efisiensi Tugas Kepala Dusun, Kepala Desa Tremes Beri Pemahaman kepada RT RW

Tremes –  Dalam rangka peningkatan kapasitas Ketua RT dan RW se-Desa Tremes, Pemerintah Desa mengadakan rapat koordinasi pada Selasa (21/09/2021) siang.

Kegiatan yang dihadiri 26 orang Ketua RT dan 7 orang Ketua RW, Perangkat Desa, Ketua BPD ini dimulai tepat pada pukul 13.00 WIB dengan lokasi di Gedung Olahraga Kantor Desa Tremes.

Dalam sambutannya di rapat koordinasi ini, Kepala Desa Tremes Parman S.E, memaparkan secara panjang lebar terkait dengan rencana Pemerintah Kabupaten Wonogiri untuk mengoptimalkan peranan dan tupoksi Ketua RW dan RT dalam kegiatan pemerintahan.

“ Menindaklanjuti  Surat Edaran Bupati Wonogiri No 140/4760 Tahun 2021 tertanggal 16 September 2021, tentang Pengangkatan Kembali Perangkat Desa Masa Tugas 20 Tahun dan Efisiensi Kepala Dusun Berdasar Beban Kerja, dimungkinkan nanti akan ada perampingan jabatan Kepala Dusun dalam pengisian perangkat desa tahun ini,” papar Kepala Desa.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

“ Artinya jumlah Kepala Dusun yang di Desa Tremes sebelumnya ada 7 orang, nantinya tidak semuanya akan ada pengisian kekosongan jabatan tersebut ,” lanjutnya.

Sebagai informasi, jabatan Kepala Dusun di Tremes sendiri ada kekosongan 3 orang yaitu Kadus Tremes (mutasi ke Sekretaris Desa), Kadus Jatiwayang (masuk masa purna tugas) dan Kadus Sudimoro (pemberhentian).

Dalam Surat Edaran Bupati Wonogiri disebutkan bahwa beban kerja Kepala Dusun minimal mengampu 300 Kepala Keluarga (KK), sementara di Desa Tremes terdapat 1488 KK (berdasar data dari Disdukcapil tahun 2021). rtinya hanya akan ada pengisian lowongan 1 orang untuk posisi Kepala Dusun pada tahun ini.

“ Kedepannya tupoksi dari Kepala Dusun akan lebih banyak dilaksanakan oleh Ketua RW, karena Kadus lebih berperan sebagai coordinator wilayah saja,” lanjut Kepala Desa Tremes.

Dalam kesempatan tersebut disalurkan juga pembagian honor bulanan bagi Ketua Rt dan RW oleh Sekretaris Desa Sugiman, yang didampingi oleh Rinanto selaku Kaur Keuangan Desa Tremes.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan