Suasana Duka Dalam Malam Tirakatan Di Semanding Dan Kerok

Tremes – Malam tirakatan untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 74 diselenggarakan semua dusun di Desa Tremes pada malam ini.

Dari 7 Dusun di wilayah Desa Tremes, masing-masing mengadakan malam tirakatan di lingkungan Ketua RT setempat.  Sebagaimana halnya di Dusun jatiwayang yang mengadakan malam tirakatan di jalan kampung barat rumah Kadus Jatiwayang, Kasimo untuk RT 001, RT 002 diadakan di pertigaan dekat rumah Pak Sudar. Sementara untuk RT 003 dilaksanakan di pertigaan dekat rumah Tarto penjahit, dan RT 004 bertempat di pertigaan dekat rumah Sukar Ketua RT setempat.

Tirakatan di Mojorejo

 

Untuk wilayah Dusun Kerok, malam tirakatan diadakan di rumah Ketua RT 001 Sandi Hamzah dan RT 002 Timin. Namun untuk pelaksanaannya dimajukan setelah sholat Magrib karena Wardi, salah satu warga RT 001 meninggal dunia sore tadi. Sehingga setelah selesai acara kenduri tirakatan, warga langsung berkumpul dirumah duka.

Tirakatan di sebelah rumah Kadus Kasimo

 

Rumah Kadus Mojorejo, Didik Sukadi pun sore tadi dijadikan lokasi dari pelaksanaan tirakat warga dari 3 Rukun Tetangga. Sekitar 40-an warga dari ketiga RT tersebut mulai berdatangan sekitar pukul 16.00 WIB.

Tirakatan di Jatiwayang

Sementara dari Dusun Semanding pelaksanaan malam tirakatan ini juga dibarengi dengan adanya berita dukacita, yaitu meninggalnya Marino warga RT 001 Dusun Semanding karena sakit. Sehingga setelah tirakatan di rumah ketua RT warga langsung menuju ke rumah duka.

Hidangan khas nasi kuning

Dalam pelaksanaan malam tirakatan ini, sebagian besar warga Desa Tremes berdoa untuk arwah para pahlawan dan mendoakan agar kedepan kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia akan senantiasa aman dan damai.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan