Tremes Berkomitmen Untuk Inovasi Desa

Ngadirojo (30/07/2019) – Bertempat di Pendopo Kecamatan Ngadirojo, Dinas Pemerintahan Desa Kabupaten Wonogiri mengadakan acara Bursa Inovasi Desa untuk Klaster II yang meliputi Kecamatan Selogiri, Wonogiri, Ngadirojo dan Sidoharjo.

Agenda tahunan yang merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di Desa-Desa di lingkup Kabupaten Wonogiri ini bertujuan untuk untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau altenatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan dan inovatif.

H. Suryana Ketua BPD Tremes sedang berbincang dengan kolega

Pemerintah Desa Tremes sendiri dalam acara yang dimulai pukul 09.00 WIB ini di wakili oleh Sekdes Heri Purnomo, S.E , Suryana H dari Ketua BPD dan Ny. Yeni Purnomo tokoh perempuan mewakili unsur PKK Desa Tremes.

Bursa Inovasi ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Model Pengelolaan Inovasi di Tingkat Kabupaten.
Adapun maksud pelaksanaan Bursa Inovasi Desa yaitu

Adapun secara spesifik tujuan dari Bursa Inovasi Desa, antara lain sebagai berikut:

  • Mendiseminasikan informasi pokok terkait Program Inovasi Desa (PID) secara umum, serta Program Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa secara khusus.
  • Menginformasikan secara singkat pelaku-pelaku program di tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa.
  • Memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa dalam menyelesaikan masalah dan menjalankan kegiatan pembangunan.
  • Membagi kegiatan inovasi yang telah di dokumentasikan dalam bentuk video maupun tulisan.
  • Membangun komitmen replikasi.
  • Menjaring inovasi yang belum terdokumentasi.
  • Membagi informasi Penyedia Jasa Layanan Teknis (PJLT).

Melalui Program Inovasi Desa (PID) ini diharapkan untuk dapat dimunculkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas.

Pengisian kartu komitmen inovas desa yang dipandu pendamping desa

Kegiatan berikutnya adalah kunjungan peserta ke zona bursa. Sesi ini meliputi Peninjauan stand TPID dan P2KTD, Konsultasi dan pengisian kartu komitmen dan kartu ide, Pengumpulan kartu komitmen dan kartu ide.

Kegiatan-kegiatan yang dipamerkan dalam Bursa Inovasi Desa yakni kegiatan-kegiatan yang bernilai inovatif dalam pembangunan desa yang bukan dalam bentuk barang tetapi dalam bentuk ide-ide kreatif yang lahir dan berkembang di desa-desa.(admin)

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan