Verval BDT 2020 Menuju Kevalidan Data Di Desa Tremes

Tremes – Rakor bersama Tim Verifikasi dan Validasi Data BDT Kecamatan Sidoharjo dengan Pemerintah Desa Tremes berlangsung hari, Selasa (07/01/2019) di ruang pertemuan PKK Desa Tremes.

Agenda yang dilaksanakan dalam rangka memperbarui data warga tidak mampu sebagai tindaklanjut pengentasan kemiskinan sesuai dengan program Bupati Wonogiri untuk mengurangi jumlah keluarga miskin di Kabupaten Wonogiri.

Tim dari kecamatan yang hadir hari ini, tampak Sugiyarni Kasi Kesra Kecamatan Sidoharjo, Sulardi Pendamping PKH dari Dinas Sosial, Anjar dan Dwi dari Pendamping Desa, Suwarto Staff Kecamatan Sidoharjo dan Ketua Tim Sukar dari Dinas Pendidikan, menyampaikan banyak hal terkait dengan pendataan warga tidak mampu.

“ Ada 14 kriteria miskin yang dikeluarkan oleh BPS, ini yang nantinya jadi acuan bagi pemerintah desa untuk melakukan pendataan warga miskin atau keluarga tidak mampu,” ujar Sugiyarni dalam sambutannya.

“ Dan menjadi catatan penting, bahwa dalam pelaksanaan verval nantinya harus melibatkan semua unsur yang ada ditingkat dusun,” lanjutnya.

Sementara itu Sulardi sebagai Petugas Pendamping PKH dari Dinas Sosial lebih menekankan pentingnya merubah mindset dari warga desa tentang kemiskinan.

“ Perubahan pandangan ini menjadi satu hal yang penting untuk disosialisasikan kepada warga,karena bukan tidak mungkin ada warga yang senang diberi bantuan dari pemerintah meski dari kriteria kurang layak disebut miskin,” ujar Lardi, biasa disapa.

350 orang warga Desa Tremes yang saat ini masuk dalam BDT, menurut Anjar diyakini bisa turun dari angka tersebut jika Petugas Pendata benar-benar melakukan pendataan sesuai keadaan dilapangan.

“ Yang terjadi selama ini, diakui atau tidak, lebih banyak orang-orang terdekat dengan petugas pendata yang masuk BDT,” ungkap Anjar. “ kedepan pemahaman seperti ini harus dihilangkan, apalagi sudah diplot anggaran dari Apbdes untuk melaksanakan kegiatan verval ini.”

Rakor bersama untuk menyamakan persepsi ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dengan format diskusi antara perangkat desa yang hadir dengan Tim Verval BDT dari Kecamatan Sidoharjo.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan