Website Desa Tremes Masuk Pilot Project

Wonogiri (02/02/2018) – Seiring dengan semakin meningkatnya akses internet baik di perkotaan maupun perdesaan, penting sekali bagi Pemerintahan Desa (Pemdes)  untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman. Apalagi di tunjang dengan semakinmudah dan murahnya akses internet, tentu satu hal yang harus di manfaatkan sebaik mungkin bagi Pemdes untuk dapat membuka diri ke dalam era globalisasi.

Mensikapi hal tersebut, hari ini tadi Dinas Kominfo Kabupaten Wonogiri  dengan Dinas PMD serta RTIK Wonogiri mengadakan sarasehan dalam format obrolan pagi dengan perwakilan operator SID Kabupaten Wonogiri. Adapun untuk operator SID diwakili 3 desa di Wonogiri, yaitu desa Sendang Wonogiri, Pare Selogiri dan Tremes Sidoharjo.

Banyak hal yang di komunikasikan pada sarasehan tersebut, terutama keluhan-keluhan terkait pendaftaran domain desa,. Dimana di rasakan sulit sekali mendapatkan pnsmail/mail.go.id sebagai syarat utama untuk mendaftarkan domain desa.id , jika operator pingin mendaftarkan desanya secara mandiri. Kebetulan sekali manakala  perwakilan dari Dinas PMD baru saja mendapat instruksi terkait pendaftaran ini bisa di koordinir dari Kabupaten.

Tentunya ini akan mempermudah desa dalam mendapat domain desa.id ke depannya. Pada sarasehan ini pula di sinergikan program SID dengan program dari RTIK Kabupaten Wonogiri  yang di wakili Ketua RTIK Wonogiri Hasan, yang juga sebagai pemilik BMA Komputer.

Dalam pembicaraan tadi, di sepakati bagaimana program kedepan ada sinergi positip dari dinas yang hadir serta RTIK Wonogiri terutama terkait infrastruktur jaringan internet bagi desa-desa yang belum tersentuh jaringan fiber optik telkom.  Dan RTIK Wonogiri menyiapkan tutor untuk kustomisasi web jika diperlukan, hal ini sebagai wujud peran serta secara aktip dari RTIK sendiri untuk mendorong desa mempergunakan website desa sebagai tindak lanjut pelaksanaan amanah UU No 14 tahun 2008 terkait keterbukaan informasi publik.

Di akhir pertemuan ada 4 desa yang di tunjuk sebagai desa pilot project website desa yang sudah berdomain desa.id , dan desa tersebut yang beralamat di gemantar.desa.id , sendang.desa.id , tremes.desa.id serta ngambarsari.desa.id.  Ke empat desa ini nantinya akan di kirim ke tingkat propinsi Jawa Tengah sebagai website desa percontohan di Kabupaten Wonogiri.(admin)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan