Website Desa Tremes Salah Satu Media Keterbukaan Informasi Publik

Tim SID Desa Tremes

Desa Tremes- Situs atau website pemerintah desa yang akhir-akhir ini di kembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Wonogiri melalui Dinas PMD merupakan salah satu dari implentasi Pasal 86 UU no. 6 Tahun 2014 tentang Desa tentang Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan .

Website desa ini selain untuk menampilkan perkembangan pembangunan desa, juga di harapkan dapat menumbuhkan kemandirian desa akan kebutuhan data-data. Artinya data-data yang terkait dengan desa merupakan salah satu bentuk kedaulatan desa, di mana desa memiliki kewenangan sepenuhnya dengan data-data tersebut.

Diskusi Dinas Kominfo dengan beberapa operator website desa

Website desa dapat diibaratkan sebagai kantor desa yang buka 24 jam dan 7 hari dalam seminggu, operator website desa bukan hanya wajib menguasai ketrampilan menulis saja tapi juga mengelola website tersebut agar dapat menampilkan desa secara keseluruhan. Karena media ini adalah tampilan desa secara utuh dalam bentuk website.

 

Dalam tampilan website tersebut harus memuat halaman tentang pengelola website, atau biasanya kolom “Tentang Kami”,yang berisi identitas atau profil baik pengelola website sendiri maupun profil desa secara keseluruhan. Wajib juga adanya informasi tentang cara menghubungi yang bisa digunakan oleh masyarakat jika ingin berkomunikasi dengan desa.

Ilustrasi Sistem Informasi Desa

Kemudian untuk tampilan website  harus bersifat ramah (friendly) kepada masyarakat desa sebagai penikmat dari media ini. Selain itu operator harus juga secara rutin mengisi berita terbaru yang bisa di konsumsi oleh masyarakat secara berkala, dengan maksud website ini bersifat dinamis.

 

Sejak diberlakukannya undang-undang tentang keterbukaan informasi publik, semua Instansi Pemerintah maupun badan publik wajib menyediakan informasi untuk publik. Dan tentunya informasi yang disampaikan ini bukan sekedar informasi, untuk itu operator website di tuntut untuk menguasai desain web dan mengelola isinya denganbaik dan benar agar informasi yang di muat dapat tersampaikan kepada masyarakat.(admin)

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan